Tindakan meneror seseorang dan sekelompok orang dapat menerima hukuman karena bertentangan dengan UU ITE Nomor 11 tahun 2008, khususnya?

Tindakan meneror seseorang dan sekelompok orang dapat menerima hukuman karena bertentangan dengan UU ITE Nomor 11 tahun 2008, khususnya? pasal 29 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Untuk mengerti lebih dalam mengenai soal diatas silakan baca artikel ini

Tindakan meneror seseorang dan sekelompok orang dapat menerima hukuman karena bertentangan dengan UU ITE Nomor 11 tahun 2008, khususnya?

UU ITE adalah sebuah hasil kerja bersama dari berbagai Kementerian baik perindustrian, perdagangan, perhubungan dan keuangan. Namun pada awal kemunculannya peraturan ini memberikan dampak negatif untuk demokrasi Indonesia.

Perlu Anda ketahui bahwa tindakan meneror seseorang dan sekelompok orang dapat menerima hukuman karena bertentangan dengan UU ITE nomor 11 tahun 2008, khususnya pasal 29 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Di mana dalam pasal 29 tersebut terdapat beberapa ketentuan seperti melawan hukum tanpa adanya hak, perbuatan mengirimkan, kesalahan dilakukan secara sengaja, objek informasi berisi ancaman dan kekerasan.

Materi Perbuatan yang Diatur dalam UU ITE Nomor 11 Tahun 2008

Pada dasarnya materi undang-undang informasi dan transaksi elektronik dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu peraturan mengenai informasi transaksi elektronik dan perbuatan yang dilarang.

Konten ilegal merupakan salah satu materi cybercrimes yang diatur dalam UU ITE nomor 11 tahun 2008. Dimana terdiri dari perjudian, kesusilaan, penghinaan, pencemaran nama baik yang sesuai pasal 27, 28 dan 29.

Selanjutnya materi perbuatan cybercrimes yang diatur dalam UU ITE nomor 11 tahun 2008 yaitu akses ilegal, gangguan terhadap data, penyalahgunaan alat dan perangkat( misuse of device) yang sesuai dengan pasal 34.

Unsur Objektif

Unsur objektif merupakan perbuatan yang melawan hukum. Menurut pasal 45B UU 19/2016 dijelaskan bahwa komponen ini termasuk ke dalam perundungan cyber bullying yang sangat merugikan masyarakat.

Dalam hal ini terdapat unsur berupa ancaman kekerasan psikis, kerugian material dan fisik. Sedangkan ketentuan dalam layanan pesan singkat harus menambahkan 2 bukti seperti informasi ahli, pernyataan sanksi dan penjelasan terdakwa.

Maka dari itu semua unsur harus dipenuhi baik bersifat sengaja, mentransmisikan, tanpa adanya hak, objek informasi elektronik atau dokumen yang mengandung ancaman kekerasan dan intimidasi.

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa Tindakan meneror seseorang dan sekelompok orang dapat menerima hukuman karena bertentangan dengan UU ITE Nomor 11 tahun 2008, khususnya? pasal 29.

sumber referensi : https://belajarusd.com

Sumber : https://www.lenteraprivat.com

Related Posts

5 Cara Memperbarui WA GB yang Jarang Orang Ketahui

5 Cara Memperbarui WA GB yang Jarang Orang Ketahui

Cara memperbarui WA GB merupakan panduan yang sangat penting. Tujuannya adalah untuk memperbaiki adanya gangguan pada versi lama. Selain itu, lebih mudah pula bagi Anda untuk terhindar…

3 Cara Mematikan HP Otomatis dan Praktis

3 Cara Mematikan HP Otomatis dan Praktis

Beberapa pengguna HP mungkin pernah mengalami di mana tombol power yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan ponsel rusak. Ketika menghadapi masalah ini tentu Anda tidak bisa mematikan…

Cara Kredit Hp Syarat Cukup KTP Terbaru

Cara Kredit Hp Syarat Cukup KTP Terbaru

Cara Kredit Hp Syarat Cukup KTP mungkin terdengar tidak memungkinkan , akan tetapi di jaman serba digital seperti ini sudah banyak layanan kredit yang lebih mudah di…

Rental Mobil Lampung Jakarta Antar Jemput Bandara & Hotel Harian

Rental Mobil Lampung Jakarta Antar Jemput Bandara & Hotel Harian

Anda bingung ingin menjemput saudara, kerabat ataupun keluarga di bandara tetapi tidak memiliki kendaraan? jangan khawatir, Rental Mobil Lampung menjadi solusinya. Pihak rental sebagai penyedia jasa sewa…

cara kirim uang ovo ke shopeepay tanpa biaya admin

Cara Kirim Uang Ovo ke Shopeepay Tanpa Biaya Admin

Cara kirim uang ovo ke shopeepay tanpa biaya admin merupakan sebuah kegiatan pemindahan saldo dari e-wallet ovo menuju ke shopeepay. Biasanya orang melakukannya untuk top up atau…

Nonton Drama Korea Sub Indo Drakorindo Genre Thriller Paling Menyeramkan

Nonton Drama Korea Sub Indo Drakorindo Genre Thriller Paling Menyeramkan

Tayangan drakor memang menjadi salah satu tontonan paling disukai oleh banyak orang. Genre-nya beragam sehingga Anda pun bisa menonton sesuai dengan selera masing-masing. Jika ingin menontonnya, jangan…